Ekonomi Web
Seiring dengan perkembangan zaman,
tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kini teknologi merupakan kebutuhan kita dalam
kehidupan sehari. Semua aspek kehidupan pada dewasa ini hampir semuanya
menggunakan teknologi, termasuk pada aspek ekonomi. Segala aktifitas
perekonomian kini telah banyak yang menggunakan fasilitas tekonolgi seperti
halnya internet. Dengan bantuan internet, perekenomian terasa lebih mudah,
jarak dan waktu bukanlah hal yang dapat membatasi lagi antara penjual dan
pembeli. Dengan internet juga seseorang dapat juga membuat sebuah ekonomi web.
Apa saja yang terkait dengan ekonomi web itu? Mari kita bahas dalam bab ini
satu per satu.
Iklan
Iklan merupakan salah satu cara
untuk memperkenalkan barangan, perkhidmatan, peluang pekerjaan, inspirasi dan
maklumat kepada yang ingin disampaikan.
Karakteristik
Lingkungan Periklanan :
·
kekuatan
lingkungan selalu berubah
·
perubahan
lingkungan menciptakan ketidakpastian, ancaman, peluang (dalam dinamika
periklanan)
·
tanggapan
terhadap perubahan lingkungan:
* reaktif apabila tdk dpt mengendalikan elemen-2 lingkungan, caranya selalu menyesuaikan diri dgn perkembangan yg ada
* proaktif apabila memiliki sejumlah kendali dan resources, caranya dgn mengambil langkah-2 utk melakukan perubahan yg menghasilkan lingkungan yg lebih kondusif
* reaktif apabila tdk dpt mengendalikan elemen-2 lingkungan, caranya selalu menyesuaikan diri dgn perkembangan yg ada
* proaktif apabila memiliki sejumlah kendali dan resources, caranya dgn mengambil langkah-2 utk melakukan perubahan yg menghasilkan lingkungan yg lebih kondusif
Iklan
Terhadap Pengaruh Ekonomi:
·
Iklan sebagai transaksi atau
peristiwa yang ekonomi yang mampu mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat.
·
Iklan sebagai kegiatan jual beli
(untuk menyampaikan pesan, pengiklan harus membayar media yang dipilih).
·
Memberi keuntungan kepada agen
iklan.
·
Membuka lapangan kerja.
·
Iklan menjaadi salah satu bidang
bisnis yang menjanjikan.Industri periklanan menjadi salah satu pilihan kerja
yang menjanjikan.
·
Seiring dicanangkannya industri
kreatif, iklan menjadi salah satu profesi bergengsi.
·
Saat krisis ekonomi 1998, industri
periklanan merupakan satu-satunya industri yang cepat keluar dari keterpurukan.
·
Meningkatkan pemasaran produk.
Manfaat
Ekonomi Yang Ditimbulkan Oleh Iklan Secara Umum :
1.
Iklan memperluas alternatif bagi
konsumen
2.
Menimbukan kepercayaan
3.
Iklan membuat orang terkenal, ingat
dan percaya.
4.
Iklan membuat orang tahu dan dimana
memperoleh kebutuhannya.
5.
Iklan ikut membantu memanjukan
perekonomian negara
6.
Dapat menjangkau berbagai daerah
yang sulit.
Manfaat
Pengaruh Iklan Bagi Web :
1.
Iklan tersebut dipasang oleh
produsen secara menarik di Website, maka kemungkinan besar dilihat oleh
konsumen atau visitor.
2.
Adanya
timbal balik dari iklan ke web bila iklan di klik oleh visitor, web tersebut
mendapat persenan dari iklan
Penjualan Online
Penjualan
online adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon pembeli sampai
menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang
didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan
internet.
Pengaruhnya:
Pengaruhnya:
·
Kehadiran e-commerce yang terus
berkembang lambat laun akan merubah kebiasaan bertransaksi sebagian
masyarakat kita. Para produsen maupun konsumen akan terbiasa menjual maupun
membeli produk dan jasa secara online ketimbang melangkahkan kaki -0ke outlet
penjualan. Ruang dan waktu bukan lagi menjadi kendala. Sebuah perusahaan di
Indonesia memiliki kesempatan yang sama dengan kalangan bisnis asing untuk
menjalin kerjasama atau ingin mengakses pasar mancanegara.
·
Seseorang lebih mudah untuk
mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang dan jasa via online.
Banyak sekali situs yang menyediakan jual beli online. Salah satu yang terbesar
adalah TokoBagus(dot)com. Dengan adanya Internet pula kita tidak perlu repot
pergi untuk membeli barang yang kita butuhkan. Tinggal pesan saja melalui
transaksi ataupun dengan cash.
·
Kemajuan teknologi akan meningkatkan
kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri
maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung
secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia
ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan
semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul
teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak
langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung
dan selera individu dapat dipenuhi.
Lelang Online (E-Auctions)
Lelang
adalah: “Penjualan Umum”, yaitu pelelangan atau penjualan barang-barang yang
dilakukan kepada umum dengan harga penawaran yang meningkat atau menurun atau
dengan pemasukan harga dalam sampul tertutup, atau kepada orang-orang yang
diundang atau sebelumnya diberitahu mengenai pelelangan atau penjualan itu,
atau diijinkan untuk ikut serta dan diberi kesempatan untuk menawar harga,
menyetujui harga yang ditawarkan atau memasukkan harga dalam sampul
tertutup[2]. Sedangkan lelang online adalah transaksi berbasis Web yang
memungkinkan pengguna membeli dan menjual produk serta layanan tertentu melalui
proses tawar menawar. Atau dapat diartikan juga sebagai action berasal
dari bahasa inggris yang berarti lelang, pelelangan, melelang. Sementara
e merupakan singkatan dari elektronik, artinya adalah secara online
melalui internet.
Jadi, E-Auction adalah sistem lelang
yang dilakukan secara online melalui media internet.Lelang pada umumnya adalah suatu sarana untuk mempertemukan penjual dan
pembeli dengan tujuan menentukan harga yang wajar bagi suatu
barang. Namun, Seiring dengan penggunaan media Internet yang semakin luas
dalam bidang perdagangan, mekanisme lelang kini dapat dilakukan dengan
menggunakan media internet. Maka dari itu muncul lah E-Auction, pelelangan
secara elektronik.
Lelang secara
online pertama kali melakukan aktivitas berbasis web komersial dengan penjualan
yang signifikan dimulai pada bulan Mei 1995 yaitu perusahaan Onsale. Pada bulan
September dengan tahun yang sama eBay juga mulai melakukan perdagangan. Kedua
perusahaan menggunakan sistem penawaran naik atau sistem pelelangan Inggris dan
mereka adalah perusahaan yang pertama untuk mengambil keuntungan dari peluang
teknologi terbaru. Web menawarkan keunggulan baru seperti penggunaan tawaran
otomatis melalui formulir elektronik, mesin pencari(search engine) untuk dapat
dengan cepat menemukan item yang diinginkan dan kemampuan untuk memungkinkan
pengguna untuk melihat item menurut kategori. Lelang online telah sangat
meningkatkan berbagai barang dan jasa yang dapat dibeli dan dijual dengan
menggunakan mekanisme lelang bersama dengan memperluas kemungkinan cara lelang
yang dapat dilakukan dan secara umum membuat penggunaan baru untuk lelang.
Dalam lingkungan web saat ini ada ratusan, jika tidak ribuan, situs yang
didedikasikan melakukan praktik lelang online.
Jenis-jenis
E-Auction:
1.
Lelang standar
English Auction merupakan lelang
online dimanatawaran yang diumumkan oleh salah satu juru lelang atau oleh peserta
tender dan pemenangakan membayar apa yang mereka ajukan untuk menerima objek.
English Auction diklaim sebagai bentuk paling umum dari semuanya karena format
on-line lelang yang digunakan dan dianggap sebagai yang paling sederhana dari
semua bentuk.
2.
Proxy Bidding Auction
Merupakan
sebuah pelelangan penawaran biaya
3.
Reverse Auction
Lelang terbalik atau reverse auction
adalahlelangdimanaperanpembelidanpenjual yang terbalik. Beberapa penjual bersaing
untuk mendapatkan bisnis pembeli dan harga biasanya menurun dari waktu ke waktu
sebagai penawaran baru yang dibuat. Mereka tidak mengikuti format lelang khas dimana
pembeli dapatmelihat semua penawaran dan dapat memilih yang merekainginkan.
Lelang terbalik digunakan terutama dalam konteks bisnis untuk pengadaan barang.
4.
Dutch Auction
Dutch Auction adalah kebalikan dari
English Auction dimana harganya dari yang tinggi dan secara sistematika diturunkan
sampai pembeli menerima harga.
5.
First-price sealed-bid
First-price sealed-bid adalah ketika
tawaran tunggal dibuat oleh semua pihak penawaran
dan yang menang adalah penawar tunggal tertinggi, dan membayar dengan apa yang
mereka ajukan.
6.
Vickrey Auction
Lelang ini hampir mirip dengan First-price sealed-bid hanya
saja pemenang membayar dengan sebesar jumlah yang ditawarkan penawar tertinggi kedua.
Anda
yang setiap hari berselancar pada dunia maya, tentu tidak asing dengan
nama-nama besar beberapa pengelola situs lelang online. Nama-nama itu antara
lain adalah:
1.
eBay
Beralamatkan pada ebay.com. eBay
mungkin merupakan situs lelang online yang paling dikenal hingga saat ini, di
mana jutaan barang tersedia pada situs eBay. eBay merupakan salah satu contoh
situs lelang online yang berfungsi sebagai perantara, mempertemukan antara
penjual dan pembeli dalam suatu wadah. Pada eBay, penjual mengatur minimal
harga penawaran yang dapat dilakukan oleh penawar. Misalkan Anda memiliki
cangkir kuno dan ingin melelangnya di eBay, Anda harus menentukan harga minimal
yang Anda inginkan dari menjual cangkir kuno tersebut. Kenaikan penawaran
(bidding increment) ditentukan oleh eBay berdasarkan perhitungan dari harga
penawaran tertinggi yang ditampilkan saat itu.
Sebagai contoh, jika harga penawarn
tertinggi suatu item saat ini adalah US$0.99 atau kurang, maka kenaikan
penawaran adalah sebesar US$0.05, saat harga penawaran berada pada range US$1
hingga US$4.99, maka kenaikan penawaran adalah sebesar US$0.25.
Tentunya masih banyak kebijakan eBay
dalam menjalankan sistem lelang online-nya, yang ternyata tidak semudah ide
awalnya yang hanya menjual barang kepada penawar tertinggi. Peraturan tetap
harus ditetapkan berkaitan dengan kondisi yang dapat terjadi. Misalnya
bagaimana jika terjadi penarikan penawaran, terdapat oknum-oknum yang sengaja
berusaha mengendalikan harga, ataupun aspek-aspek lainnya. Dari manakah eBay
memperoleh keuntungan? Tidak lain dan tidak bukan adalah dari biaya-biaya yang
dikenakan, misalnya biaya untuk menampilkan produk atau biaya saat sebuah
produk terjual. Beberapa item unik pada situs eBay, antara lain adalah air yang
terjual seharga US$455. Apakah yang istimewa dari air tersebut? Ternyata air
tersebut adalah air yang tersisa dari cangkir milik Elvis Presley. Sebuah
negara seperti New Zealand, juga pernah dilelang oleh seseorang dengan harga
awal $0,1 AUD dan naik hingga US$3.000 sebelum eBay menutup lelang tersebut.
Rambut Britney Spears yang diperoleh dari sebuah salon di Los Angeles juga
pernah terdaftar pada eBay dengan harga US$1 juta dan akhirnya dicabut dari
daftar setelah menimbulkan kontroversi.
2.
eBid
eBid yang beralamatkan pada
ebid.net, beroperasi pada sepuluh negara dan menggunakan sistem pembayaran
online tersendiri, yaitu PPPay. eBid tidak mengenakan biaya untuk mendaftarkan
item produk yang ingin dilelang, kecuali jika produk tersebut telah terjual.
Salah satu fasilitas eBid adalah mengadakan Happy Hour Auction, di mana
berlangsung dari jam 6:00 PM hingga 10:00 PM setiap harinya dan dibatasi
sebanyak 20 pelelangan. Juga terdapat 60 Minute Auction, di mana pelelangan
berlangsung dari jam ke jam dan dibatasi sebanyak tiga pelelangan setiap
jamnya.
3.
Bidorbuy
Bidorbay (baca: Bid or Buy) yang beralamatkan pada
bidorbuy.co.za merupakan lelang online terbesar di Afrika Selatan. Seperti juga
eBay dan eBid, Bidorbuy merupakan salah satu perusahaan yang mampu bertahan
setelah era dot com melewati masa emasnya. Masih banyak lagi nama lainnya,
termasuk karya-karya anak bangsa Indonesia, di antaranya seperti lelang.com
atau amboi.com. Bahkan terdapat perusahaanperusahaan besar yang awalnya tidak
beroperasi pada bisnis ini ikut melakukan ekspansi dengan menambahkan fitur
lelang. Contohnya adalah Yahoo! Inc (yahoo. com) yang tentunya Anda kenal
sebagai search engine dan penyedia layanan e-mail, atau Amazon.com Inc
(amazon.com) yang awalnya dikenal sebagai toko buku online. Baik Yahoo! dan
Amazon kini juga memiliki fitur lelang.
Kelebihan
E-Auction:
1.
Tidak terbatas oleh waktu dan tempat
2.
Jumlah penawar dan penjual yang
besar
3.
Effisiensi, tidak diperlukan
invenstasi khusus untuk menyelenggarakan e auction di suatu perusahaan.
4.
Implementasi mudah dan cepat
5.
Mudah digunakan, layanan mencakup
lokal dan seluruh dunia
Kekurangan
E-Auction:
1.
Sering terjadi kegagalan proses up
load penawaran pada paket lelang,
2.
Penawaran tidak sesuai syarat
(underpriced bid) yang masih sering terakomodir,
3.
Penanggung-jawab dari system online
tidak jelas dan
4.
Security system terkait kerahasiaan
data penawaran juga tidak jelas.
Ada empat kategori utama dynamic
pricing yaitu:
o
Satu pembeli, satu penjual
o
Satu penjual, banyak pembeli
potensial
o
Satu pembeli, banyak penjual
potensial
o
Banyak penjual, banyak pembeli
Manfaat dari Online Auction dibagi
jadi 3 bagian, yaitu :
- Manfaat bagi penjual
- Meningkatkan pendapatan dengan memperluas pasar dan mempersingkat waktu
- Menetapkan harga optimal yang ditentukan oleh pasar
- Meningkatkan hubungan dan loyalitas pelanggan
- Manfaat bagi pembeli
- Kesempatan untuk menemukan barang unik
- Hiburan bagi pembeli
- Pembeli bisar menawar dari manapun, bahkan dengan telepon selular
- Manfaat bagi Auctioner
- Pembelian yang lebih tinggi.
- Pembeli cenderung untuk berkunjung lebih lama dan kembali lebih sering.
- Ekspansi bisnis lelang.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar