Minggu, 02 April 2017

Ekonomi Web



Ekonomi Web
Seiring dengan perkembangan zaman, tidak dapat dipungkiri lagi bahwa kini teknologi merupakan kebutuhan kita dalam kehidupan sehari. Semua aspek kehidupan pada dewasa ini hampir semuanya menggunakan teknologi, termasuk pada aspek ekonomi. Segala aktifitas perekonomian kini telah banyak yang menggunakan fasilitas tekonolgi seperti halnya internet. Dengan bantuan internet, perekenomian terasa lebih mudah, jarak dan waktu bukanlah hal yang dapat membatasi lagi antara penjual dan pembeli. Dengan internet juga seseorang dapat juga membuat sebuah ekonomi web. Apa saja yang terkait dengan ekonomi web itu? Mari kita bahas dalam bab ini satu per satu.
Iklan
Iklan merupakan salah satu cara untuk memperkenalkan barangan, perkhidmatan, peluang pekerjaan, inspirasi dan maklumat kepada yang ingin disampaikan.
Karakteristik Lingkungan Periklanan :
·         kekuatan lingkungan selalu berubah
·         perubahan lingkungan menciptakan ketidakpastian, ancaman, peluang (dalam dinamika periklanan)
·         tanggapan terhadap perubahan lingkungan:
* reaktif apabila tdk dpt mengendalikan elemen-2 lingkungan, caranya selalu menyesuaikan diri dgn perkembangan yg ada
* proaktif apabila memiliki sejumlah kendali dan resources, caranya dgn mengambil langkah-2 utk melakukan perubahan yg menghasilkan lingkungan yg lebih kondusif
Iklan Terhadap Pengaruh Ekonomi:
·         Iklan sebagai transaksi atau peristiwa yang ekonomi yang mampu mempengaruhi kehidupan ekonomi masyarakat.
·         Iklan sebagai kegiatan jual beli (untuk menyampaikan pesan, pengiklan harus membayar media yang dipilih).
·         Memberi keuntungan kepada agen iklan.
·         Membuka lapangan kerja.
·         Iklan menjaadi salah satu bidang bisnis yang menjanjikan.Industri periklanan menjadi salah satu pilihan kerja yang menjanjikan.
·         Seiring dicanangkannya industri kreatif, iklan menjadi salah satu profesi bergengsi.
·         Saat krisis ekonomi 1998, industri periklanan merupakan satu-satunya industri yang cepat keluar dari keterpurukan.
·         Meningkatkan pemasaran produk.
Manfaat Ekonomi Yang Ditimbulkan Oleh Iklan Secara Umum :
1.      Iklan memperluas alternatif bagi konsumen
2.      Menimbukan kepercayaan
3.      Iklan membuat orang terkenal, ingat dan percaya.
4.      Iklan membuat orang tahu dan dimana memperoleh kebutuhannya.
5.      Iklan ikut membantu memanjukan perekonomian negara
6.      Dapat menjangkau berbagai daerah yang sulit.
Manfaat Pengaruh Iklan Bagi Web :
1.      Iklan tersebut dipasang oleh produsen secara menarik di Website, maka kemungkinan besar dilihat oleh konsumen atau visitor.
2.     Adanya timbal balik dari iklan ke web bila iklan di klik oleh visitor, web tersebut mendapat persenan dari iklan
Penjualan Online
Penjualan online adalah melakukan aktifitas penjualan dari mencari calon pembeli sampai menawarkan produk atau barang dengan memanfaatkan jaringan internet yang didukung dengan seperangkat alat elektronik sebagai penghubung dengan jaringan internet.

Pengaruhnya:
·         Kehadiran e-commerce yang terus berkembang lambat laun akan merubah   kebiasaan bertransaksi sebagian masyarakat kita. Para produsen maupun konsumen akan terbiasa menjual maupun membeli produk dan jasa secara online ketimbang melangkahkan kaki -0ke outlet penjualan. Ruang dan waktu bukan lagi menjadi kendala. Sebuah perusahaan di Indonesia memiliki kesempatan yang sama dengan kalangan bisnis asing untuk menjalin kerjasama atau ingin mengakses pasar mancanegara.
·         Seseorang lebih mudah untuk mengembangkan usahanya seperti dengan menjual barang dan jasa via online. Banyak sekali situs yang menyediakan jual beli online. Salah satu yang terbesar adalah TokoBagus(dot)com. Dengan adanya Internet pula kita tidak perlu repot pergi untuk membeli barang yang kita butuhkan. Tinggal pesan saja melalui transaksi ataupun dengan cash.
·         Kemajuan teknologi akan meningkatkan kemampuan produktivitas dunia industri baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi. Investasi dan reinvestasi yang berlangsung secara besar-besaran yang akan semakin meningkatkan produktivitas dunia ekonomi. Di masa depan, dampak perkembangan teknologi di dunia industri akan semakin penting. Tanda-tanda telah menunjukkan bahwa akan segera muncul teknologi bisnis yang memungkinkan konsumen secara individual melakukan kontak langsung dengan pabrik sehingga pelayanan dapat dilaksanakan secara langsung dan selera individu dapat dipenuhi.
Lelang Online (E-Auctions)
Lelang adalah: “Penjualan Umum”, yaitu pelelangan atau penjualan barang-barang yang dilakukan kepada umum dengan harga penawaran yang meningkat atau menurun atau dengan pemasukan harga dalam sampul tertutup, atau kepada orang-orang yang diundang atau sebelumnya diberitahu mengenai pelelangan atau penjualan itu, atau diijinkan untuk ikut serta dan diberi kesempatan untuk menawar harga, menyetujui harga yang ditawarkan atau memasukkan harga dalam sampul tertutup[2]. Sedangkan lelang online adalah transaksi berbasis Web yang memungkinkan pengguna membeli dan menjual produk serta layanan tertentu melalui proses tawar menawar. Atau dapat diartikan juga sebagai action berasal dari bahasa inggris yang berarti lelang, pelelangan, melelang. Sementara  e merupakan singkatan dari elektronik, artinya adalah secara online melalui internet.
Jadi, E-Auction adalah sistem lelang yang dilakukan secara online melalui media internet.Lelang pada umumnya adalah suatu sarana untuk mempertemukan penjual dan pembeli dengan tujuan menentukan harga yang wajar bagi suatu barang. Namun, Seiring dengan penggunaan media Internet yang semakin luas dalam bidang perdagangan, mekanisme lelang kini dapat dilakukan dengan menggunakan media internet. Maka dari itu muncul lah E-Auction, pelelangan secara elektronik.
Lelang secara online pertama kali melakukan aktivitas berbasis web komersial dengan penjualan yang signifikan dimulai pada bulan Mei 1995 yaitu perusahaan Onsale. Pada bulan September dengan tahun yang sama eBay juga mulai melakukan perdagangan. Kedua perusahaan menggunakan sistem penawaran naik atau sistem pelelangan Inggris dan mereka adalah perusahaan yang pertama untuk mengambil keuntungan dari peluang teknologi terbaru. Web menawarkan keunggulan baru seperti penggunaan tawaran otomatis melalui formulir elektronik, mesin pencari(search engine) untuk dapat dengan cepat menemukan item yang diinginkan dan kemampuan untuk memungkinkan pengguna untuk melihat item menurut kategori. Lelang online telah sangat meningkatkan berbagai barang dan jasa yang dapat dibeli dan dijual dengan menggunakan mekanisme lelang bersama dengan memperluas kemungkinan cara lelang yang dapat dilakukan dan secara umum membuat penggunaan baru untuk lelang. Dalam lingkungan web saat ini ada ratusan, jika tidak ribuan, situs yang didedikasikan melakukan praktik lelang online.
Jenis-jenis E-Auction:
1.      Lelang standar
English Auction merupakan lelang online dimanatawaran yang diumumkan oleh salah satu juru lelang atau oleh peserta tender dan pemenangakan membayar apa yang mereka ajukan untuk menerima objek. English Auction diklaim sebagai bentuk paling umum dari semuanya karena format on-line lelang yang digunakan dan dianggap sebagai yang paling sederhana dari semua bentuk.
2.      Proxy Bidding Auction
Merupakan sebuah pelelangan penawaran biaya
3.      Reverse Auction
Lelang terbalik atau reverse auction adalahlelangdimanaperanpembelidanpenjual yang terbalik. Beberapa penjual bersaing untuk mendapatkan bisnis pembeli dan harga biasanya menurun dari waktu ke waktu sebagai penawaran baru yang dibuat. Mereka tidak mengikuti format lelang khas dimana pembeli dapatmelihat semua penawaran dan dapat memilih yang merekainginkan. Lelang terbalik digunakan terutama dalam konteks bisnis untuk pengadaan barang.
4.      Dutch Auction
Dutch Auction adalah kebalikan dari English Auction dimana harganya dari yang tinggi dan secara sistematika diturunkan sampai pembeli menerima harga.
5.      First-price sealed-bid
First-price sealed-bid adalah ketika tawaran tunggal dibuat oleh semua pihak  penawaran dan yang menang adalah penawar tunggal tertinggi, dan membayar dengan apa yang mereka ajukan.
6.      Vickrey Auction
Lelang ini hampir mirip dengan  First-price sealed-bid hanya saja pemenang membayar dengan sebesar jumlah yang ditawarkan penawar tertinggi kedua.

Anda yang setiap hari berselancar pada dunia maya, tentu tidak asing dengan nama-nama besar beberapa pengelola situs lelang online. Nama-nama itu antara lain adalah: 
1.      eBay
Beralamatkan pada ebay.com. eBay mungkin merupakan situs lelang online yang paling dikenal hingga saat ini, di mana jutaan barang tersedia pada situs eBay. eBay merupakan salah satu contoh situs lelang online yang berfungsi sebagai perantara, mempertemukan antara penjual dan pembeli dalam suatu wadah. Pada eBay, penjual mengatur minimal harga penawaran yang dapat dilakukan oleh penawar. Misalkan Anda memiliki cangkir kuno dan ingin melelangnya di eBay, Anda harus menentukan harga minimal yang Anda inginkan dari menjual cangkir kuno tersebut. Kenaikan penawaran (bidding increment) ditentukan oleh eBay berdasarkan perhitungan dari harga penawaran tertinggi yang ditampilkan saat itu. 

Sebagai contoh, jika harga penawarn tertinggi suatu item saat ini adalah US$0.99 atau kurang, maka kenaikan penawaran adalah sebesar US$0.05, saat harga penawaran berada pada range US$1 hingga US$4.99, maka kenaikan penawaran adalah sebesar US$0.25.
Tentunya masih banyak kebijakan eBay dalam menjalankan sistem lelang online-nya, yang ternyata tidak semudah ide awalnya yang hanya menjual barang kepada penawar tertinggi. Peraturan tetap harus ditetapkan berkaitan dengan kondisi yang dapat terjadi. Misalnya bagaimana jika terjadi penarikan penawaran, terdapat oknum-oknum yang sengaja berusaha mengendalikan harga, ataupun aspek-aspek lainnya. Dari manakah eBay memperoleh keuntungan? Tidak lain dan tidak bukan adalah dari biaya-biaya yang dikenakan, misalnya biaya untuk menampilkan produk atau biaya saat sebuah produk terjual. Beberapa item unik pada situs eBay, antara lain adalah air yang terjual seharga US$455. Apakah yang istimewa dari air tersebut? Ternyata air tersebut adalah air yang tersisa dari cangkir milik Elvis Presley. Sebuah negara seperti New Zealand, juga pernah dilelang oleh seseorang dengan harga awal $0,1 AUD dan naik hingga US$3.000 sebelum eBay menutup lelang tersebut. Rambut Britney Spears yang diperoleh dari sebuah salon di Los Angeles juga pernah terdaftar pada eBay dengan harga US$1 juta dan akhirnya dicabut dari daftar setelah menimbulkan kontroversi. 
2.      eBid
eBid yang beralamatkan pada ebid.net, beroperasi pada sepuluh negara dan menggunakan sistem pembayaran online tersendiri, yaitu PPPay. eBid tidak mengenakan biaya untuk mendaftarkan item produk yang ingin dilelang, kecuali jika produk tersebut telah terjual. Salah satu fasilitas eBid adalah mengadakan Happy Hour Auction, di mana berlangsung dari jam 6:00 PM hingga 10:00 PM setiap harinya dan dibatasi sebanyak 20 pelelangan. Juga terdapat 60 Minute Auction, di mana pelelangan berlangsung dari jam ke jam dan dibatasi sebanyak tiga pelelangan setiap jamnya. 
3.      Bidorbuy
Bidorbay (baca: Bid or Buy) yang beralamatkan pada bidorbuy.co.za merupakan lelang online terbesar di Afrika Selatan. Seperti juga eBay dan eBid, Bidorbuy merupakan salah satu perusahaan yang mampu bertahan setelah era dot com melewati masa emasnya. Masih banyak lagi nama lainnya, termasuk karya-karya anak bangsa Indonesia, di antaranya seperti lelang.com atau amboi.com. Bahkan terdapat perusahaanperusahaan besar yang awalnya tidak beroperasi pada bisnis ini ikut melakukan ekspansi dengan menambahkan fitur lelang. Contohnya adalah Yahoo! Inc (yahoo. com) yang tentunya Anda kenal sebagai search engine dan penyedia layanan e-mail, atau Amazon.com Inc (amazon.com) yang awalnya dikenal sebagai toko buku online. Baik Yahoo! dan Amazon kini juga memiliki fitur lelang.

Kelebihan E-Auction:
1.      Tidak terbatas oleh waktu dan tempat
2.      Jumlah penawar dan penjual yang besar
3.      Effisiensi, tidak diperlukan invenstasi khusus untuk menyelenggarakan e auction di suatu perusahaan.
4.      Implementasi mudah dan cepat
5.      Mudah digunakan, layanan mencakup lokal dan seluruh dunia
Kekurangan E-Auction:
1.      Sering terjadi kegagalan proses up load penawaran pada paket lelang,
2.      Penawaran tidak sesuai syarat (underpriced bid) yang masih sering terakomodir,
3.      Penanggung-jawab dari system online tidak jelas dan
4.      Security system terkait kerahasiaan data penawaran juga tidak jelas.
Ada empat kategori utama dynamic pricing yaitu:
o   Satu pembeli, satu penjual
o   Satu penjual, banyak pembeli potensial
o   Satu pembeli, banyak penjual potensial
o   Banyak penjual, banyak pembeli

Manfaat dari Online Auction dibagi jadi 3 bagian, yaitu :
  1. Manfaat bagi penjual
    • Meningkatkan pendapatan dengan memperluas pasar dan mempersingkat waktu
    • Menetapkan harga optimal yang ditentukan oleh pasar
    • Meningkatkan hubungan dan loyalitas pelanggan
  2. Manfaat bagi pembeli
    • Kesempatan untuk menemukan barang unik
    • Hiburan bagi pembeli
    • Pembeli bisar menawar dari manapun, bahkan dengan telepon selular
  3. Manfaat bagi Auctioner
    • Pembelian yang lebih tinggi.
    • Pembeli cenderung untuk berkunjung lebih lama dan kembali lebih sering.
    • Ekspansi bisnis lelang.
  



DAFTAR PUSTAKA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar